25 rumah rusak berat akibat longsor di Bandung barat

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) mengungkapkan kiranya sejumlah wilayah pada bandung barat mengalami bencana longsor hingga mengakibatkan 23 rumah rusak berat.

hujan melalui intensitas tinggi sudah menyebabkan longsor pada tiga kecamatan, papar kepala pusat data Informasi juga humas bnpb sutopo purwo nugroho di jakarta, selasa.

sutopo menyebutkan tiga kecamatan itu adalah kecamatan gununghalu, kecamatan rongga dan kecamatan cipongkor kabupaten bandung barat.

kondisi permukiman yang berada pada tebing perbukitan curam dan kondisi lereng berupa lahan pertanian semusim telah mendorong wilayah itu memiliki risiko longsor tinggi, ujarnya.

dia menyebutkan, tercatat 23 properti rusak berat, 97 rumah terancam longsor serta 87 jiwa mengungsi akibat longsor selama tiga kecamatan tersebut.

Informasi Lainnya:

sebagian warga masih mengungsi dalam properti kerabatnya yang lebih alami ujarnya.

dia menambahkan, dengan pemukiman yang dibangun selama perbukitan berlereng curam serta tutupan hutan amat terbatas serta kondisi tanah dan tebal serta mempunyai mata air pada bagian sedang update batuan keras di pihak bawah lapisan tanah memperbesar resiko longsor.

untuk tersebut pemda perlu memfasilitasi teknologi konservasi tanah dan air kepada penduduk agar risiko bencana dapat diminimalisir, ujarnya.

banyak koleksi teknologi sederhana agar memenangkan longsor, papar dia, bagus secara fisik dan vegetatif dan disesuaikan kondisi setempat.