Pengungsi Dieng mulai pulang

badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) banjarnegara, jawa tengah, di hari ini mencatat bahwa sebagian besar pengungsi di dataran tinggi dieng mulai terserah pulang, pasca-gempa yang terjadi jumat (19/4).

berdasarkan pantauan kami pagi ini, ada pengungsi telah mulai pulang. tapi, ada serta dan baru bertahan dalam pengungsian, papar kepala pelaksana harian bpbd banjarnegara tursiman, di posko siaga darurat bencana kawah timbang, kecamatan batur, banjarnegara, minggu.

sebagian pengungsi dan masih bertahan dalam pengungsian, kata dia, adalah masyarakat dan rumahnya mengalami kerusakan akibat gempa yang terjadi selama jumat malam kemarin.

menurut dia, jumlah pengungsi di sabtu malam mengalami penyusutan dibanding malam sebelumnya dan lebih daripada 5.000 pihak serta tersebar selama tujuh info pengungsian.

Informasi Lainnya:

jumlah pengungsi tadi malam sekitar 3.000 pihak, katanya.

salah seorang pengungsi dari desa kepakisan, kecamatan batur, faturahman, mengemukakan bahwa keluarganya baru bertahan pada objek wisata pengungsian desa dieng kulon, kecamatan batur, bersama istri dan dua anaknya sambil menanti instruksi lebih lanjut dari pemerintah.

jika situasi telah dinyatakan alami, dengan demikian dia siap menimbulkan pengungsian sekalipun supaya ternyata harus terserah pada tenda darurat yang didirikan selama lapangan desa sebab rumahnya rusak berat akibat gempa.

saya sesungguhnya sempat pulang ke rumah, namun sekarang kembali lagi ke pengungsian karena semalam, sekitar jam 23.00 wib, terasa banyak gempa, tutur petani kentang dan sayuran itu.

menurut dia, ada properti masyarakat desa kepakisan yang rusak berat akibat gempa yang terjadi pada jumat malam.

oleh sebab tersebut, dia mengharapkan, kehadiran bantuan daripada pemerintah guna memperbaiki rumah-rumah penduduk yang rusak.

statusnya memang properti pribadi, namun jika banyak santunan dari pemerintah tentunya amat berarti kepada kami, ujarnya.

berkaitan melalui bantuan logistik pada pengungsian, dia mengemukakan, tidak mempermasalahkannya karena sudah tercukupi.

tinggal di pengungsian telah tidak enak. namun, kami berterima kasih atas santunan daripada pemerintah serta masyarakat yang sudah melayani juga menampung kami untuk tetapi waktu, katanya.

petugas pos komando (posko) siaga darurat bencana kawah timbang, andri sulistyo, menyatakan bahwa pengungsi dalam desa dieng kulon minta supaya dipulangkan ke desa masing-masing, semisal kepakisan serta pekasiran.

kami pagi ini mengirim tiga truk ke desa dieng kulon agar memulangkan para pengungsi, katanya.