Kabupaten Bandung banjir, ribuan mengungsi

banjir dalam kawasan baleendah, dayeuhkolot juga bojongsoang, kabupaten bandung tinggal naik makanya membuat ribuan keluarga dalam bantaran sungai citarum mengungsi, minggu.

banjir luapan citarum tinggal meninggi, sejak sabtu malam mereka terserah mengungsi. mereka diminta mengungsi untuk tidak terjebak pada rumahnya, tutur kepala bpbd kabupaten bandung marlan.

banjir yang merendam sedikitnya sembilan kelurahan di tiga kecamatan itu kembali meningkat sabtu lalu akibat hujan deras pada kawasan bandung raya, terlebih daerah hulu citarum selama dua hari terakhir.

ketinggian air di objek wisata banjir tersebut bervariasi antara 50 sentimeter hingga sampai dua meter oleh karenanya merendam sampai atap properti.

Informasi Lainnya:

masing-masing sudah kenal lokasi pengungsian masing-masing, oleh karenanya penanganannya akan lebih tidak sulit. jaraknya di titik-titik dan sudah ditentukan, katanya.

selain merendam pemukiman, banjir dan merendam sederat ruas jalan pada kawasan itu seperti jalur baleendah-dayeuhkolot tepatnya pada spbu penghubung dayeuhkolot tergenang banjir sampai semeter sehingga tidak bisa dilintasi kendaraan.

juga ruas jalan dalam jalur dayeuhkolot - bandung tepatnya pada palasari, juga terendam makanya jalur tersebut terputus. praktis arus kemarin lintas dari baleendah/majalaya menuju ke kota bandung hanya dengan jalur baleendah - bojongsoang - buah batu.

tidak seluruh pengungsi menempati gor ataupun sekolah dan sudah ditentukan untuk web pengungsian. sebagian masyarakat memilih mendirikan tenda-tenda dari terpal dengan membawa alat masak serta alas untuk tidur pada tenda dan didirikan selama info lebih tinggi.

lebih aman gunakan tenda sendiri, apabila ke gor penampungan jaraknya jauh, lebih bagus dalam sana saja. meskipun mesti mengambil air bersih lumayan jauh, kata fatimah, di tenda daruratnya pada bantaran sungai citarum.

banjir dalam kawasan baleendah tersebut belum menunjukkan akan surut karena hujan deras masih turun dalam bandung selatan tepatnya kawasan kertasari, majalaya serta cicalengka, juga bandung timur.

curah hujan baru cukup tinggi, sehingga kawasan banjir baru ingin terjadi selama pilihan waktu ke depan, papar marlan.