Masalah anggaran blokir Kemendikbud segera selesai

pelaksana tugas menteri keuangan hatta rajasa meyakinkan masalah anggaran kementerian studi serta kebudayaan yang terkena blokir akibat problem administrasi, segera tuntas pada akhir april.

harus tuntas, tapi `governance`nya mesti benar, ujarnya selama jakarta, selasa.

hatta menyampaikan, masalah tersebut diselesaikan pas dengan tata kelola pencairan anggaran di kementerian keuangan, tergolong penyelesaian dana untuk ujian nasional (un) yang sempat mengalami hambatan.

untuk un hari ini saya sudah sahkan surat ke dpr, kembali nanti dan lain, semua Satu persatu aku cek, ujarnya.

Informasi Lainnya:

direktur jenderal anggaran herry purnomo menambahkan, ada proses pendalaman mengenai klarifikasi serta prinsip yang belum sesuai ajaran mengenai pencairan dana pada kementerian pendidikan serta kebudayaan.

klarifikasi itu diantara lain terkait pengalokasian dana yang tak sesuai rencana kerja pemerintah dan tidak dengan pertemuan dipercaya untuk anggaran un, oleh karenanya sempat tidak bisa cair pas prosedur.

ini dan kita selesaikan selama Satu atau dua hari. jangan sampai banyak yang saling menyalahkan, intinya kita menjaga `governance`, papar herry.

menurut herry, penyelesaian proses administrasi itu tidak perlu menanti masa reses dpr beres, karena komunikasi diantara kementerian pendidikan serta kebudayaan dengan komisi x dpr tetap berjalan.

saya kira teman-teman kemendikbud ada komunikasi dengan dpr, sebab walaupun reses, aku melayani beberapa surat persetujuan, ujarnya.

dalam dipa tahun anggaran 2013, kementerian studi serta kebudayaan mencari pagu rp73,08 triliun, tapi sebesar rp62,06 triliun atau 84,9 persen daripada anggaran itu mengalami blokir.

anggaran itu mengalami blokir sebab sampai ditetapkannya keppres no 37 tahun 2012 mengenai rapbn 2013 juga diserahkannya dipa kepada presiden pada desember kemarin, belum mencari persetujuan komisi x dpr ri juga belum dilengkapi tor serta rab.

sedangkan sisa anggaran sebesar rp11,01 triliun atau 15,1 persen tak diblokir sebab merupakan model dan mesti dibayarkan dan ditawarkan awal tahun yaitu pembayaran gaji serta operasional perkantoran.

dari anggaran yang terblokir tersebut, sebanyak rp543,44 miliar merupakan dana supaya model ujian nasional melalui target peserta 14.080.619 siswa serta unit cost sebesar rp39.000 per siswa.

setelah dilakukan pembahasan diantara kementerian studi juga kebudayaan dengan komisi x dpr ri, terdapat perbedaan alokasi anggaran yang disetujui dpr ri melalui pagu anggaran per situs dan ditentukan keppres no 37 tahun kemarin.

dalam rincian anggaran dan disetujui komisi x dpr ri, dana agar kegiatan ujian nasional ditentukan sebesar rp644,27 miliar melalui target peserta 12.223.453 siswa juga unit cost sebesar rp53.000 per siswa.

kemudian, pada rapat koordinasi tingkat menteri, disimpulkan kiranya penyelesaian masalah blokir ini harus tetap menjaga tata kelola (governance) juga kelengkapan dokumen sesuai ketentuan perundangan berlaku selama proses penganggaran.

menteri studi juga kebudayaan kemudian menyatakan nota dinas terhadap menteri keuangan supaya mengusulkan buka blokir rp543,44 miliar mampu dipertimbangkan supaya ditentukan dengan mengacu sasaran juga unit cost keppres no 37 tahun 2012.

dirjen anggaran lalu mengesahkan revisi anggaran, termasuk pembukaan blokir untuk kegiatan ujian nasional sebesar rp543,44 miliar, karena kontrak percetakan soal ujian paling lambat ditandatangani 11 maret 2013.

saat ini, baru banyak anggaran un tersisa rp100,828 miliar yang merupakan selisih dari pagu anggaran yang disetujui komisi x dpr ri dengan keppres no 37 tahun kemarin yang sedang selama proses pencairan sesuai prosedur.