Tiga miliar orang sedunia dilayani oleh koperasi

sebanyak tiga miliar pihak dilayani oleh koperasi dengan persentasi anggota koperasi dan tersebar dalam dunia mencapai 800 juta-1 miliar pihak, demikian dilontarkan european research institute on cooperative and social enterprises (euricse).

keanggotaan koperasi dalam semua dunia mencapai 800 hingga 1 miliar pihak dan melayani 3 miliar orang sedunia, papar perwakilan euricse, gianluca salvatori, selama acara international workshop on cooperatives in indonesia, selama jakarta, senin.

pihaknya melaporkan saat ini selama berbagai dunia ada kurang lebih 53.000 koperasi kredit juga credit union.

sementara di eropa koperasi pertanian memiliki pangsa pasar mencapai 60 persen selama keuntungan pemrosesan juga pemasaran produk pertanian.

Informasi Lainnya:

pada 2008 selama italia banyak hampir 80.000 koperasi melalui 1,5 juta pihak dan bekerja pada dalamnya juga berkontribusi hingga 10 persen dari gdp, katanya.

ia menungkapkan, peran koperasi tambah tampak di krisis finansial serta ekonomi. koperasi dapat lebih bertahan dari tipe usaha dan lain.

namun koperasi menghadapi beberapa kendala di antaranya interpretasi yang keliru selama hal koperasi, legislasi dan restriktif, manajemen yang kurang efektif, dan minimnya Informasi.

bagaimanapun koperasi baru dianggap marginal, undercapitalized, juga tidak efisien dan dianggap sulit tambah besar, katanya.