Gubernur: Freeport harus utamakan keselamatan pekerja

gubernur papua, lukas enembe membayar pt freeport indonesia mengutamakan keselamatan setiap orang yang berusaha pada area perusahaan tambang emas, tembaga itu.

lukas enembe pada wartawan dalam timika, jumat menyampaikan banyaknya jumlah korban meninggal akibat runtuhnya fasilitas pelatihan tambang bawah tanah big gossan di selasa (14/5) adalah sejarah masih bagi freeport yang telah puluhan tahun beroperasi pada mimika, papua.

kejadian ini merupakan sejarah pada puluhan tahun freeport ada. angka korban lumayan banyak, kata lukas.

lukas enembe yang masih lebih dari dua bulan menjabat gubernur papua periode 2013-2018 mengingatkan jajaran freeport supaya lebih mendengar seluruh masukan dari pemerintah serta para tokoh warga.

Informasi Lainnya:

dengar kita bicara, juga tua-tua supaya semua dapat jalan bagus, tutur lukas.

pemerintah provinsi papua, ujarnya, mengatakan ikut berduka cita atas meninggalkan sejumlah pekerja pt freeport serta perusahaan kontraktornya akibat runtuhnya fasilitas pelatihan tambang bawah tanah big gossan.

ucapan duka cita dan sama diutarakan pada keluarga kaum korban yang meninggal.

ketua komisi b dprd mimika, wilhelmus pigai menilai peristiwa runtuhnya fasilitas pelatihan tambang bawah tanah big gossan selama area kerja pt freeport dan menimpa 39 pekerja bukanlah kejadian mampu, sementara luar biasa.

kita jangan anggap enteng, ini kejadian luar biasa sebab korban begitu banyak. ini merupakan tragedi kemanusiaan, kata wilhelmus.

ia terserah mendesak dilaksanakan investigasi independen terhadap insiden runtuhnya fasilitas website pelatihan tambang bawah tanah pt freeport itu juga perusahaan wajib mengerjakan evaluasi secara menyeluruh sistem keamanan tambang bawah tanahnya.

wilhelmus menyatakan sangat mendukung penutupan akan tetapi semua aktivitas pertambangan pt freeport supaya perusahaan lebih mengutamakan proses evakuasi lebih dari 20 pekerja dan masih terkubur selama di reruntuhan terowongan big gossan.

dari 15 pekerja yang telah ditemukan, sebanyak lima pihak keduanya meninggal dunia. mereka adalah mateus marandof, selpianus edoway, yapinus tabuni, aan nugraha serta rooy kailuhu. empat pekerja dari 10 pekerja dan selamat harus menjalani perawatan lanjutan di jakarta sebab kondisinya masih kritis.

pt freeport mengatakan upaya pencarian dan evakuasi kaum pekerja masih terus dilaksanakan sampai saat ini. presiden direktur pt freeport, rozik b. soetjipto bersama direktur jenderal mineral dan batubara thamrin sihite sudah tiba selama tembagapura sejak kamis (16/5) agar menyaksikan langsung upaya evakuasi kaum korban juga mengunjungi korban yang masih dirawat pada rumah sakit tembagapura.