Survei: elektabilitas PDIP tinggi di kalangan pemilih pemula

elektabilitas pdi perjuangan unggul tipis sebesar 19,5 persen dibandingkan partai golkar sebesar 19,3 persen di kalangan pemilih pemula selama survei dan diselenggarakan lembaga survei nasional (lsn).

menurut survei, kedua partai mempunyai basis massa yang sama besar, tapi pdip mempunyai simpatisan dan lebih loyal dibandingkan partai golkar, tutur peneliti utama lsn dipa pradipta pada jakarta, minggu.

dipa menyampaikan, elektabilitas pdip menduduki peringkat teratas sebab sosialisasinya dinilai lebih efektif, pada mana kaum bakal calon anggota legislatif serta simpatisan berinisiatif memperkenalkan partai kepada pemilih pemula serta masyarakat tanpa komando daripada ketua partai.

sosialisasi yang efektif terhadap penduduk dengan publik dapat mendongkrak elektabilitas pdip selama kalangan pemilih pemula, ujar dipa.

Informasi Lainnya:

sementara itu, prosentase tipis yang ditunjukkan pdip dan golkar memperlihatkan kiranya golkar juga menggarap sosialisasi yang sama efektifnya dengan pdip.

menurut dipa, golkar memiliki situs internal partai supaya bersosialisasi ke sekolah-sekolah dalam berbagai indonesia juga berusaha menjaring suara dari pemilih pemula.

golkar secara eksklusif `roadshow` ke sekolah-sekolah selama sosialisasi supaya memperkenalkan partai juga bakal calon presidennya di seluruh indonesia, kata dipa.

menyusul golkar, elektabilitas hanura menduduki posisi ketiga melalui 12,8 persen, diikuti gerindra 12,8 persen, nasdem 10,8 persen, demokrat 4,6 persen, pan 3,6 persen, pks 1,8 persen, pkb 1,6 persen, ppp 1,1 persen dan pbb 0,4 persen. ternyata 11,7 responden tidak memberikan Jawaban.

survei diselenggarakan di 1 - 7 april 2013 selama 33 provinsi dengan kasus sampel 1.230 responden dengan populasi survei berusia 16 - 20 tahun melalui mencari pengambilan sampel purposive random sampling.

adapun margin of error pada survei ini merupakan 2,8 persen melalui tingkat kepercayaan 95 persen.